Berlikunya kehidupan

Pria bernama lengkap Bene Waluyo T. Soedjatmiko ini mengawali karir pada tahun 1992 sebagai ilustrator dan juga fotografer berbagai majalah di sela-sela kuliahnya di Jurusan Sastra Belanda UI yang tidak diselesaikannya. Ia malah menyelesaikan sekolah desain grafis di Interstudi pada tahun 1993. Pernah kerja serabutan, mulai dari jadi talent scout, fotografer untuk sampul kaset beberapa perusahaan rekaman, hingga jadi manajer band untuk cafe. Kemudian pada tahun 1998 memasuki dunia advertising sebagai apprentice copywriter di JWT Ad Force.

p4140153.jpg

Selepas lulus kuliah di Institut Teknologi Komunikasi & Pemasaran (ITKP) Jakarta, Bene menjadi penulis iklan sekaligus desainer grafis untuk sebuah penerbit kecil sebelum akhirnya pada tahun 2001 total menjadi penulis naskah iklan/copywriter di Suriscomm dan menangani klien a.l.: Pharos, JF Sulfur, Ligna furniture, & 2Tang. Tahun 2002 pindah ke Grey Worldwide sebagai copywriter yang memegang klien-klien besar seperti Indosat-M3, GSK (Sensodyne, Panadol), BAT (Ardath, PallMall), Samsung, Penzoill, BMW, dll.

iso-ad1.jpg

Di akhir 2003 menjadi senior copywriter di AdHouse advertising dengan klien-kliennya antara lain: Frisian Flag, PKB (partai politik), & Darya Varya. Awal 2004 bergabung dengan Hotline advertising sebagai senior copywriter yang menangani Indomie, Extra Joss, Puyer Bintang Toedjoe, San Miguel, Lippoland, Depkes, & UKM. Larisa advertising adalah ‘medan pertempuran’ berikutnya, menggarap klien a.l.: Sido Muncul, Sakafarma, Erela, dll. Tahun 2006 sempat di New Flavor marketing & brand communications, menangani: Polytron, Bintaro Jaya, Isuzu, dsb. Klien-klien lain yang pernah jadi garapannya sebagai seorang freelancer a.l.: Hemaviton, Modern Photo, Telkom Flexi, Hero group, Alam Sutera, Bank DKI, dan masih banyak lagi.

polytron-bass-ok-rev.jpg

Bene pernah tercatat sebagai kontributor di majalah AdDiction, sekaligus juga mengasuh kolom Bahasa, please! di majalah untuk komunitas periklanan itu. Sejak akhir tahun 2007 bersama beberapa rekan dan kerabatnya mendirikan perusahaan yang diberi nama PT Arjuna Karya Semesta (arkasacom).

3 tahun berjibaku dengan berbagai iklim usaha yang ganas, akhirnya ia sempat kembali merambah industri periklanan setelah mendapat tawaran dari Fastcomm untuk ikut dalam tim kreatif project pilpres yang membawa nama JK – Wiranto pada tahun 2009, hingga pada awal 2010 sempat menjadi Creative Group Head di agency yg sama, namun  akhirnya ia mengundurkan diri karena alasan kesehatan.

Bene memilih tetap menjadi freelancer hingga akhirnya Bicaracomm memintanya untuk menjadi Creative Adviser. Di saat yang sama ia memberanikan diri lagi untuk berwirausaha, kali ini di pertengahan 2010 bersama istri tercintanya mendirikan PT Khairan Arya Sejahtera yang bergerak di bidang konsultan pemerintahan dan penyelenggara acara (EO).

Selain di blog ini karya-karyanya bisa diakses di beberapa blognya antara lain:  “Bahasa, please!” (http://benwal.blogdetik.com), dan “Bene Menulis” (http://benemenulis.blogspot.com).

2 thoughts on “Berlikunya kehidupan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s