90 Tahun Nelson Mandela Tetap Berbatik

Gambar

Siapa tak kenal Nelson Mandela, seorang pejuang hak azasi manusia dari Afrika Selatan yang juga tokoh anti apartheid paling terkenal di dunia. Menjadi presiden Afrika Selatan setelah 27 tahun dipenjara oleh rezim apartheid, tidak menjadikannya tamak untuk terus berkuasa, baginya menjabat presiden cukup satu periode saja.

Gambar

Begitulah Nelson Rolihlahla Mandela, seorang tokoh dunia yang sikapnya sangat bijak dan bersahaja. Pada tanggal 18 Juli 2008 ia genap berumur 90 tahun. Sebuah bonus umur luar biasa dari Yang Maha Kuasa. Usia senja tak membuatnya berhenti beraktivitas. Mandela masih banyak melakukan kegiatan sosial yang bermanfaat untuk dunia, khususnya untuk Afrika.

Gambar
Dari sekian banyak aktivitasnya, yang menarik dari mantan Presiden Afsel ini adalah kegemarannya memakai baju batik dalam setiap kesempatan baik itu acara resmi maupun tidak resmi, atau ketika bertemu dengan para pemimpin dunia maupun ketika merayakan ultahnya ke-90 bersama anak-cucu.
Gambar
Sungguh sebuah ironi yang tampak nyata. Batik yang resmi menjadi kain nasional Indonesia malahan lebih banyak diperkenalkan ke seluruh dunia bukan oleh pemimpin negara asal batik tersebut. Baru-baru ini saja menjadi tren karena ketakutan kita atas ulah negara jiran yang akan mengajukan klaim atas batik. Baru-baru ini juga karena paranoid tersebut para pemimpin kita jadi rajin memakai batik di berbagai kesempatan acara resmi.
Gambar
Nelson Mandela telah mengenakan batik sejak dahulu. Ketika pak harto masih segar bugar memimpin negeri ini. Ketika kita belum disadarkan oleh kelakuan “tetangga” yang sering mengakui budaya kita jadi bagian daya tarik wisatanya. Karena kebiasaannya itu, bahkan patung lilinnya pun dipakaikan baju batik!
Gambar
Hingga kini pun entah mengapa, Yang Mulia Presiden Republik Indonesia masih saja bangga mengenakan setelan jas-dasi ala barat dalam berbagai acara resminya. Mudah-mudahan warga dunia tetap tahu bahwa batik itu asalnya dari Indonesia, bukan dari Afrika Selatan. Happy Birthday Grandpa Nelson!

* Tulisan ini dibuat karena ternyata tanggal ulang tahun eyang Nelson sama dengan ultah almarhum ayah (18 Juli) yang berpulang tepat 40 hari menjelang usianya yang ke 65 tahun [b\w].

(Tulisan di atas dibuat & diposting pada 19 Juli 2008 di benwal.multiply.com. Ketika diposting ulang, usia Nelson Mandela 95 tahun dan sedang dalam keadaan sakit)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s