R I Z Q U

Blog pertama saya sebenarnya bukanlah WordPress juga bukan pula Blogspot. Pertama kali saya bikin blog di situs multiply.com, yang sayangnya mulai 2013 ini situs tersebut sudah tidak lagi menyediakan fasilitas blogging, kini mereka hanya menyediakan tempat untuk berjualan online dan berganti nama domain jadi multiply.co.id. Bersamaan dengan berubahnya konsep online multiply, berarti hilang pula segala sesuatu yang kita unggah ke situs multiply yang lama. Untungnya beberapa postingan sudah sempat saya salin, termasuk postingan foto-foto tentang acara aqiqah anak saya yang pertama yang bernama ARYADARMA RIZQULLAH SOEDJATMIKO yang dipanggil RIZQU.

Rizqu yang terpaksa lahir melalui operasi caesar ini kelahirannya paling gampang diingat oleh saya pribadi yang sangat pelupa. Penandanya gampang saja, saya ingat sekali ketika momen menguburkan ari-ari yang sudah dimasukkan ke dalam kendil (semacam tempat kecil dari tanah liat) di halaman depan rumah pada sekitar jam 7 malam, terdengar suara takbir di mana-mana, pertanda bahwa besok adalah hari raya, dan saat itu adalah tepat bulan Dzulhijjah atau bulan haji, sehingga berarti esok hari adalah Hari Raya Haji/Qurban. Itu artinya secara penanggalan Hijriyah adalah tepat tanggal 9 Dzulhijjah 1430 H (26 November 2009) karena besoknya adalah Hari Raya Qurban 10 Dzulhijjah.

Tulisan ini selain sebagai pengganti postingan di blog sebelumnya (benwal.multiply.com) yang sudah raib, juga agar nama sang anak bisa tersimpan di jagat maya sehingga dapat memudahkan anak cucu cicit yang hendak mencari asal-usul dirinya, hehe… Karena nama adalah doa bagi penyandang nama tersebut, maka orang tua seharusnya tidak boleh sembarangan memberi nama anaknya. Lalu bagaimana dengan nama Rizqu, darimana asalnya? Berikut penjelasan singkatnya:

aqiqh-28

Aryadarma Rizqullah Soedjatmiko

ARYADARMA = seorang ksatria yang memiliki kebajikan (darma). Berawal dari ibunya Rizqu yang menyukai nama ‘Arya’ untuk diberikan kepada putranya, sedangkan kata ‘Darma’ dipilih juga karena mewakili nama nenek moyangnya: Darmoadmodjo. Jika disatukan akan bermakna tentang seorang Aryadarma yang merupakan ksatria pembela kebenaran, keadilan, dan kebajikan, yang selalu berbuat baik bagi kepentingan umat manusia. Nama ini mewakili latar belakang kebangsaannya, Indonesia (Jawa – Sunda)

RIZQULLAH = berasal dari bahasa Arab yang artinya ‘rezeki dari Allah’ karena memang keberadaan seorang Rizqu merupakan rezeki yang luar biasa bahkan setengah mukzizat dari Yang Maha Kuasa. Nama ini juga merupakan perwujudan dari rasa syukur kepada Sang Pemberi Hidup, dan agar Rizqu selalu ingat untuk setiap saat bersyukur kepada Allah SWT. Nama ini juga mewakili latar belakang agamanya, Islam.

SOEDJATMIKO = nama kakeknya yang menjadi nama keluarga dari ayahnya Rizqu sehingga otomatis akan melekat pada dirinya, selain sang ayah juga  ingin sekali memberi penghargaan dan kenangan akan ayahnya (kakeknya Rizqu). Selain mewakili latar belakang keluarga, nama ini konon dari bahasa Jawa kuno yang berarti ‘bagus’ atau ‘cakap’.

Secara keseluruhan ARYADARMA RIZQULLAH SOEDJATMIKO berarti: seorang ksatria cakap yang berjuang untuk kebajikan yang merupakan rezeki dari Allah SWT. Amiin.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s